Kiat rahasia untuk mendapatkan perut yang lebih rata setelah 50, kata pakar kebugaran

Posted on

Banyak perubahan setelah mencapai 50, dan satu perubahan nyata yang dialami banyak orang adalah abs yang lembek.

Dengan metabolisme yang lebih lambat dan lebih sedikit massa otot tanpa lemak yang menyertai penuaan, mudah untuk menambah beberapa kilogram dan menambah beberapa inci pada lingkar pinggang Anda.

Jika lemak perut seperti lemak tubuh lainnya seperti sayap kelelawar dan lemak paha, itu mungkin bukan masalah kesehatan terbesar Anda selama tidak terlalu banyak.

Namun sayangnya, Anda harus berhati-hati dengan pertumbuhan lemak perut.

Lemak perut datang dalam dua lapisan. Lemak yang dapat dicubit yang berada tepat di bawah kulit dan terlihat seperti perut yang lembek adalah lemak subkutan. Ini tidak selalu berbahaya bagi kesehatan, tetapi dapat secara estetika tidak menyenangkan.

Dengan tumbuhnya lemak perut, apakah ada kulit yang kendur atau tidak, yang berbahaya bagi kesehatan Anda adalah lemak visceral. Ini adalah lapisan lemak perut yang sangat beracun yang membungkus organ perut seperti usus dan hati. Itu tersembunyi di bawah lemak subkutan.

Terlalu banyak lemak visceral cenderung meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi dan penyakit Alzheimer. (1)

Menurut American Heart Association, bahkan bagi mereka dengan BMI yang sehat, kelebihan lemak perut dapat menyebabkan risiko jantung yang lebih tinggi. (2)

Jika perut Anda semakin lembek seiring bertambahnya usia atau tumbuh seperti balon, inilah saatnya untuk mengambil tindakan serius untuk menghilangkan semuanya.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, ikuti langkah-langkah mudah ini yang akan membantu Anda menghilangkan lemak perut yang berbahaya dan perut yang kendor.

Cara mendapatkan perut rata setelah 50

Cara mendapatkan perut rata setelah 50

1. Aktif

Biasakan untuk aktif dan berolahraga kapan pun Anda bisa. Baik itu bersepeda selama 30 menit untuk bekerja atau jogging satu mil sehari, tetap aktif membantu menjaga metabolisme Anda tetap berjalan dan membakar kalori dan lemak. (3)

READ ALSO :   Veteran Don Morrell berbagi pengalaman menyelamatkan nyawanya dengan Fitbit, ditambah detail 5K VAD untuk dokter hewan

Lebih baik lagi, tambahkan latihan intermiten intensitas tinggi (HIIE), juga dikenal sebagai latihan interval intensitas tinggi.

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa HIIE mungkin lebih efektif dalam mengurangi lemak perut daripada bentuk latihan lainnya. (4)

Dalam sebuah studi tahun 2017, 43 wanita muda obesitas yang berpartisipasi menyelesaikan 12 minggu kardio intensitas rendah atau tinggi. (5)

Setelah 12 minggu, para peneliti mengukur area lemak visceral dan area lemak subkutan peserta di kedua program.

Peserta di kedua kelompok melihat pengurangan yang sebanding di dua area lemak perut ini. Kesimpulannya, kardio intensitas rendah yang berkepanjangan tidak memiliki keunggulan dibandingkan kardio HIIE pendek. Untuk mengurangi lemak perut, latihan intermiten intensitas tinggi memberikan peluang untuk efisiensi dan pembentukan otot.

2. Ikuti diet sehat

Pola makan yang tidak sehat adalah penyumbang terbesar lemak perut Anda. Ketika olahraga dikombinasikan dengan diet sehat, itu dapat mempercepat hilangnya lemak di sekitar perut Anda.

Menurut sebuah penelitian, peserta yang mengikuti program olahraga dan diet kehilangan 6,9% dari berat badan mereka, dibandingkan dengan 6,1% dari mereka yang mengikuti diet saja.

Dalam hal kehilangan lemak perut, mereka yang menggabungkan olahraga dan diet kehilangan 16%, dibandingkan dengan 12% untuk mereka yang mengikuti diet saja. (6)

Penelitian baru dari tahun 2021 melihat efek dari diet yang berbeda, dari diet rendah kalori hingga diet Mediterania. Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa tidak ada satu pun rencana terbaik untuk manajemen berat badan. Namun, bukti menunjukkan bahwa asupan kalori adalah faktor terpenting dalam penurunan berat badan. (tujuh)

Mirip dengan diet Mediterania, mereka juga menemukan bahwa makan buah, sayuran, dan lemak yang lebih sehat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

READ ALSO :   Jika Anda Bangun dengan Sakit Punggung, Lakukan 4 Latihan Ini Untuk Menghilangkannya

Cobalah untuk mengisi piring Anda dengan buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

3. Lakukan latihan kekuatan

Seiring bertambahnya usia dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, Anda secara alami kehilangan massa otot tanpa lemak. Karena otot lebih aktif secara metabolik, ia membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Kembangkan rencana latihan yang seimbang yang menggabungkan latihan ketahanan dengan kardio.

Membangun massa otot tanpa lemak dan memperkuat tulang dan otot Anda tidak hanya membantu Anda tetap aktif, tetapi juga meningkatkan metabolisme Anda.

Ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan ekstra dan inci ekstra dari lingkar pinggang Anda.

Penelitian dari Harvard Health telah melaporkan bahwa dua puluh menit latihan kekuatan setiap hari menyebabkan akumulasi lemak perut yang berkaitan dengan usia lebih sedikit.

Ini dibandingkan dengan pria yang menghabiskan 20 menit melakukan aktivitas kardio.

Peneliti Harvard menyimpulkan bahwa latihan beban dan kardio menghasilkan hasil terbaik. (8)

4. Tidur yang cukup

Ketika Anda memotong apa yang berkontribusi terhadap pertumbuhan lemak perut Anda, Anda dapat menghindari mendapatkan lebih banyak lemak.

Jadi, selain gaya hidup, usia, dan pola makan, apa yang bisa menambah lingkar pinggang Anda? Ini adalah kurangnya kualitas tidur, menurut banyak penelitian. (9, sepuluh)

Satu studi mengamati bahwa durasi tidur memang berkorelasi dengan peningkatan BMI pada orang di bawah 40 tahun. (9)

Dalam penelitian lain, kurang tidur ditambah dengan akses tidak terbatas ke makanan menyebabkan akumulasi lebih banyak lemak, terutama lemak perut. (sepuluh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *