Berbagai manfaat pelatihan mobilitas

Posted on

Kegemaran olahraga terbaru menjanjikan untuk membuat Anda lebih kuat, lebih fleksibel dan lebih gesit, dan mencegah cedera, semua tanpa mendorong tubuh Anda ke batasnya. Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, selamat datang di pelatihan mobilitas, latihan yang lebih lembut dan lebih lembut yang menggemparkan dunia kebugaran.

Latihan yang berfokus pada mobilitas sangat trendi sehingga #mobilityTikTok telah ditonton lebih dari 38 juta kali di TikTok. Tapi jangan biarkan hashtag membodohi Anda. “Pelatihan mobilitas telah ada selama beberapa dekade,” kata Araceli DeLeon, MS, ACE CPT, Pelatih Kesehatan Bersertifikat ACE, Pelatih Pribadi, dan Instruktur Yoga. “Saya tidak akan mempertimbangkannya dan tidak akan menganggapnya sebagai iseng.” Ini sangat bermanfaat, katanya, sehingga harus menjadi bagian dari rutinitas olahraga setiap orang.

Jadi, apa sebenarnya pelatihan mobilitas itu dan apa manfaatnya bagi Anda? Inilah semua yang perlu Anda ketahui, ditambah latihan cepat untuk memulai.

Apa itu pelatihan mobilitas?

Latihan mobilitas bertujuan untuk membantu tubuh Anda bergerak lebih bebas dan mudah. Di dunia di mana sebagian besar dari kita tetap terpaku pada komputer kita sepanjang hari, siapa yang tidak mendapat manfaat? Sepintas, mudah untuk berasumsi bahwa latihan mobilitas adalah hal yang sama dengan peregangan, tetapi mobilitas dan fleksibilitas bukanlah hal yang sama. “Fleksibilitas adalah kemampuan otot atau kelompok otot untuk meregangkan atau memanjangkan,” jelas DeLeon. “Mobilitas adalah rentang gerak seseorang, terutama pada persendian.”

“Sementara fleksibilitas itu penting, mobilitas membantu memperkuat sendi dan otot-otot di sekitarnya, memungkinkan sendi bergerak dengan benar dan efisien,” tambahnya. Pada saat yang sama, ketika otot-otot fleksibel menghilangkan ketegangan pada persendian Anda, fleksibilitas adalah bagian penting dari mobilitas.

READ ALSO :   Panduan Anda untuk Adaptogen dan Manfaat Kesehatannya

Sangat mudah untuk melihat bagaimana gerakan yang lebih halus dapat mencegah rasa sakit dan cedera. Tapi bagaimana mobilitas memperkuat? Pikirkan betapa sulitnya jongkok ketika pinggul Anda kencang. Di sisi lain, ketika pinggul Anda kendur, Anda bisa benar-benar tenggelam dan melatih otot bokong Anda!

Mulailah dengan pelatihan mobilitas

Bahkan jika Anda belum pernah mendengar tentang pelatihan mobilitas sebelumnya, Anda mungkin sudah melakukan pekerjaan mobilitas tanpa menyadarinya. Misalnya, gerakan yoga seperti kucing-sapi dan pose anak sangat bagus untuk meningkatkan jangkauan gerak. Ditto untuk papan, lunge dan jembatan. Jika Anda sudah melakukan ini, bagus! Tapi jangan berhenti di situ.

Tiga latihan mobilitas ini dapat lebih melonggarkan segalanya:

Peregangan fleksor pinggul berlutut. Mulailah dengan posisi berlutut. Pertahankan lutut kiri Anda di tanah tepat di bawah pinggul kiri Anda, langkahkan kaki kanan Anda ke depan di depan pinggul kanan Anda dengan lunge mini sehingga lutut kanan Anda ditekuk pada sudut kanan tepat di atas pergelangan kaki Anda. Dengan kedua tangan di paha kanan, tekan perut Anda dan condongkan tubuh ke pinggul kanan sambil meremas dan mengencangkan glutes kiri Anda. Tahan posisi selama 30 hingga 45 detik. Ulangi 2-5 kali dan beralih ke sisi yang berlawanan.

Peregangan 90 lat. Berdirilah sekitar panjang lengan di depan meja atau meja. Kontraksikan perut Anda dan tekuk lutut sedikit. Perlahan condongkan tubuh ke depan di pinggul dan letakkan tangan Anda di atas meja sambil menjaga lengan tetap lurus. Bersandar pada pinggul Anda. Sambil terus menyentuh meja, luruskan kaki Anda dan tarik tubuh Anda ke lantai. Jaga agar punggung tetap rata dan dagu terselip untuk mencegah kepala miring ke lantai. Tahan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi dua hingga empat kali.

READ ALSO :   Apa itu Pemulihan Aktif dan mengapa begitu baik untuk Anda?

Peregangan kaki silang. Berbaring telentang di lantai dengan lutut ditekuk dan lengan terentang ke luar, telapak tangan menghadap ke atas. Angkat sedikit kaki kanan Anda dan tekuk lutut kanan sehingga menghadap ke luar. Kemudian istirahatkan pergelangan kaki kanan Anda di lutut kiri untuk membentuk segitiga. Perlahan bawa lutut kanan menjauh dari Anda tanpa menggerakkan pergelangan kaki. Tahan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi dua hingga empat kali sebelum membawanya ke sisi lain.

Meskipun pelatih menyukai pelatihan mobilitas, dibutuhkan lebih dari satu latihan untuk bertemu semuanya kebutuhan kebugaran Anda. Sebaliknya, anggap itu sebagai lapisan gula pada kue kebugaran Anda. Idealnya, DeLeon merekomendasikan untuk memasukkan manuver mobilitas ke dalam latihan Anda setidaknya dua hingga tiga kali seminggu selama 15 hingga 30 menit. Namun, dia juga penggemar berat sesi yang lebih lama dari 30 hingga 60 menit pada hari istirahat. Bagaimanapun, Anda akan bergerak lebih mudah dalam waktu singkat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *