Dalam kebiasaan pelatihan? Inilah cara keluar darinya dan kembali ke bentuk semula

Posted on

Di dunia yang sempurna, Anda akan merasa terlibat dan termotivasi oleh rutinitas latihan Anda 100% setiap saat. Tetapi kenyataannya adalah, kita tidak hidup di dunia yang sempurna dan tidak peduli seberapa besar Anda menyukai kebugaran, kemungkinan besar Anda akan menemukan diri Anda dalam kebiasaan olahraga pada satu titik atau yang lain.

Jika saat ini Anda terjebak dalam rutinitas latihan (atau berhenti sama sekali!), kami punya kabar baik untuk Anda. Dengan beberapa perubahan kecil, Anda dapat keluar dari rutinitas olahraga, menemukan motivasi, dan mengembalikan kebugaran ke jalurnya. Jadi bagaimana tepatnya Anda melakukan ini?

mulai dari yang kecil

Jika Anda benar-benar jatuh dari kereta latihan, Anda mungkin tergoda untuk melompat lagi. Tetapi beralih dari tidak berolahraga ke banyak olahraga dapat membuat Anda lelah dengan cepat dan membawa Anda kembali ke tempat Anda memulai.

Sebaliknya, “mulai dari yang kecil dan sederhana [when] kembali ke rutinitas Anda, ”kata Dr. Matt Tanneberg, chiropractor olahraga, spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat (CSCS), dan pemilik Body Check Chiropractic dan rehabilitasi olahraga di Scottsdale, AZ.

Sebagai contoh, katakanlah Anda biasa memulai setiap pagi dengan lari 5 k di sekitar lingkungan Anda, tetapi sudah berbulan-bulan sejak Anda mengikat sepatu lari Anda dan menabrak trotoar. Alih-alih mencoba mulai berlari 5K lagi, cobalah memulai pagi Anda dengan berjalan kaki 15 menit. Kemudian, saat Anda terbiasa berjalan kaki setiap hari, Anda dapat perlahan-lahan meningkatkan waktu dan kecepatan aktivitas Anda sampai Anda kembali ke kebiasaan berlari normal Anda.

mengubah segalanya

Sebuah kebiasaan secara harfiah ditentukan sebagai “cara prosedur atau jalan hidup yang tetap atau mapan, biasanya membosankan atau tidak menjanjikan”. Dengan kata lain, Anda terjebak dalam kebiasaan ketika Anda terus melakukan hal yang sama berulang-ulang, meskipun Anda bosan dan tidak melihat hasilnya.

READ ALSO :   Cara Memuaskan Rasa Manis Anak Anda Sambil Mempertahankan Kebiasaan Sehat

“Jika Anda tetap berpegang pada program atau rutinitas tertentu untuk waktu yang lama, Anda dapat dengan mudah masuk ke dalam kebiasaan dan melihat penurunan motivasi,” kata pelatih pribadi dan pelatih Chris Cooper.

Jika Anda merasa terjebak dalam pola pikir “sama lama, sama lama” tentang rutinitas olahraga Anda – dan sulit untuk tetap termotivasi dan terlibat dalam kebugaran – salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengubah keadaan.

Misalnya, apakah Anda merasa seperti sedang berlari? Ubah segalanya dengan berfokus pada latihan kekuatan atau mengikuti kelas tinju. Apakah Anda bosan dengan rutinitas olahraga Anda? Tantang diri Anda dengan berolahraga di luar ruangan, seperti mendaki atau sesi latihan sirkuit di taman. Perkenalkan sesuatu yang baru ke dalam rutinitas kebugaran Anda; mencoba hal-hal baru dapat membuat latihan Anda terasa segar dan menggairahkan dan dapat membantu menghilangkan perasaan “Saya terjebak dalam kebiasaan”.

Beri diri Anda tujuan

Berolahraga secara teratur adalah tujuan yang berharga itu sendiri. Tetapi jika berolahraga demi olahraga tidak memotivasi Anda untuk bangun, keluar dan berolahraga – dan Anda merasa dalam rutinitas kebugaran karena itu – cara yang bagus untuk menemukan apakah Anda ingin berolahraga? Tetapkan tujuan kebugaran untuk Anda capai. “Memiliki tujuan bisa menjadi motivator penting,” kata Korey Van Wyk, Spesialis Kekuatan dan Pengkondisian Bersertifikat.

Misalnya, apakah Anda suka bersepeda, tetapi apakah Anda menemukan alasan akhir-akhir ini untuk melewatkan bersepeda? Pertimbangkan untuk mendaftar ke perlombaan jalan raya untuk memberi diri Anda sesuatu untuk dilatih. Atau apakah Anda merasa seperti berada dalam kebiasaan karena Anda bosan dengan latihan di rumah? Buatlah tujuan untuk mengambil setidaknya satu kelas kebugaran baru per minggu.

READ ALSO :   10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Saat Anda menetapkan tujuan kebugaran, “temukan sesuatu yang menarik minat Anda dan yang membawa Anda keluar dari zona nyaman Anda,” kata Van Wyk. “Ini akan memberi Anda tujuan dan sasaran yang jelas untuk latihan Anda,” yang dapat memudahkan Anda untuk keluar dari lari dan kembali ke kecepatan kebugaran yang stabil.

Temukan komunitas olahraga

Ketika Anda berada dalam rutinitas latihan, mungkin sulit untuk keluar darinya. Jadi mengapa tidak meminta bantuan orang lain? Menemukan komunitas olahraga, baik dengan bergabung dengan kelas olahraga lokal atau meminta beberapa teman untuk berolahraga bersama Anda, tidak hanya menciptakan akuntabilitas eksternal (yang dapat membantu Anda konsisten dengan latihan Anda, bahkan ketika Anda tidak menyukainya), tetapi itu juga bisa membuat berolahraga menjadi menyenangkan dan memotivasi lagi. Ini dapat membantu Anda keluar dari kebiasaan dan merasa berenergi dan terlibat dalam rutinitas kebugaran Anda.

“Baik secara virtual atau secara langsung, temukan sekelompok orang yang melakukan hal yang sama dengan Anda,” kata Van Wyk. “Sungguh menakjubkan betapa mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang melakukan latihan yang sama pada saat yang sama akan meningkatkan energi dan motivasi Anda.”

Potong diri Anda sedikit kendur

Jika Anda menyalahkan diri sendiri karena terjebak dalam rutinitas olahraga, biarkan diri Anda sedikit malas. “Hal pertama yang harus disadari dan diterima adalah bahwa bekas roda itu normal!” kata Van Wyk. “Bahkan penggemar kebugaran yang paling bersemangat pun akan menemukan diri mereka dalam kebiasaan dari waktu ke waktu.”

Alih-alih menyalahkan diri sendiri mengapa Anda terjebak dalam kebiasaan atau bagaimana Anda sampai di sini, tunjukkan belas kasihan kepada diri Anda sendiri. Merasa bersalah atau malu karena menjatuhkan kebiasaan kebugaran Anda tidak akan membantu memotivasi Anda. Alih-alih, sadarilah bahwa setiap orang berjuang dengan kebugaran dari waktu ke waktu — dan itu hanya bagian normal dari menjadi manusia.

READ ALSO :   Resep Sehat: Menghangatkan Sup Dengan Lentil Hijau

Dan yang menarik, apakah Anda memotong kelonggaran itu? Ini mungkin persis apa yang Anda butuhkan untuk bergerak maju. “Pahami itu [finding yourself in a workout rut is] benar-benar normal dapat menghilangkan tekanan dan rasa bersalah,” kata Van Wyk. Ketika Anda melepaskan tekanan dan rasa bersalah, akan lebih mudah untuk termotivasi dan memulai pelatihan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *