Bagaimana pulih dari tidur malam yang buruk dan kembali tidur nyenyak

Posted on

Salah satu aturan kebersihan tidur adalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap malam. Tapi mari kita hadapi itu, tidak ada yang sempurna! Dan jika Anda menjalani hidup yang sehat dan seimbang, akan ada malam-malam ketika Anda begadang melewati waktu tidur, pagi ketika Anda tidur, dan saat-saat ketika Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Dan meskipun sangat normal untuk memiliki satu atau dua malam di mana Anda benar-benar di luar jadwal tidur Anda yang biasa (itu terjadi pada yang terbaik dari kita!), kemungkinan besar Anda tidak akan merasa baik pada hari berikutnya. Dan jika tidur malam “mati” ini berubah menjadi tren yang lebih tahan lama, itu bisa menyebabkan kerumunan dua orang efek samping jangka pendek dan jangka panjangtermasuk peningkatan kecemasan, suasana hati yang tertekan, dan peningkatan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana Anda pulih dari tidur malam sesekali dan tidak hanya merasa lebih berenergi sepanjang hari, tetapi juga mendapatkan kembali tidur yang Anda butuhkan untuk merasakan yang terbaik dan berfungsi sebaik mungkin?

Minum banyak air dan hindari terlalu banyak kafein

Ketika Anda bangun di pagi hari setelah tidur malam yang buruk, insting pertama Anda mungkin adalah minum secangkir kopi. Tetapi jika Anda benar-benar ingin merasa lebih waspada dan terjaga, minuman terbaik yang dapat Anda temukan? H2O kuno yang bagus.

Kurang tidur bisa membuat Anda dehidrasi— dan dehidrasi memperburuk kelelahan,” kata Vanessa Osorio, pelatih ilmu tidur bersertifikat di Sleepopolis. “Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap terhidrasi setelah tidur malam yang buruk.”

READ ALSO :   Panduan Anda untuk Adaptogen dan Manfaat Kesehatannya

Jika Anda baru pulih dari tidur malam yang buruk, jadikan tetap terhidrasi sebagai prioritas. Meskipun tidak ada patokan tunggal untuk hidrasi, menargetkan delapan gelas air 8oz sepanjang hari adalah awal yang baik.

Dan jika Anda membutuhkan dosis kafein yang sehat untuk memulai, jangan khawatir; pastikan Anda tidak minum terlalu banyak atau meminumnya terlalu sore. Jika tidak, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur pada waktu tidur.

“Meskipun minum satu atau dua cangkir kopi atau minuman berkafein lainnya di pagi hari setelah tidur malam yang buruk tidak apa-apa, berlebihan hanya akan membuat Anda merasa cemas dan gelisah – dan jika Anda bergantung pada kafein untuk melewati hari, kemungkinan Anda menempatkan diri Anda dalam bahaya untuk begadang lagi,” kata Osorio.

tidur siang kucing

Jika tidur malam membuat Anda tidak bisa membuka mata, tidur siang sebentar dapat membantu Anda menemukan energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari dan mencapai waktu tidur.

“Tidur sebentar di tengah hari, terutama setelah tidur malam yang buruk, sebenarnya dapat membantu Anda melunasi sebagian utang tidur Anda dan mempercepat pemulihan Anda,” kata Osorio. “Tidur siang 15-20 menit dapat memberi Anda dorongan energi yang besar dan meningkatkan fungsi kognitif Anda, sekaligus membantu Anda menghindari perasaan mengantuk itu. [many experience after a bad night’s sleep].”

Pastikan untuk menjaga tidur siang Anda singkat dan manis. “Tidur siang lebih dari 30 menit akan membuat Anda sulit tidur di malam hari dan hanya akan semakin mengacaukan jadwal tidur Anda,” kata Osorio.

Latihan (pada waktu yang tepat)

Saat Anda merasa lelah, berolahraga mungkin tampak seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Tetapi bagaimana jika Anda ingin mulai merasa lebih baik dan lebih energik? Ini bisa menjadi apa yang perlu Anda lakukan.

READ ALSO :   Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Tepat Untuk Lulusan Baru

Berita bagus? Anda tidak perlu berkeringat melalui kelas HIIT yang intens atau berlari sejauh 10 mil untuk merasakan manfaat olahraganya. “Setelah tidur malam yang buruk, Anda mungkin tidak akan merasa ingin pergi ke gym dengan keras, tetapi olahraga ringan akan meningkatkan kewaspadaan dan membantu mengurangi kelelahan,” kata Osorio.

Pastikan untuk berlatih lebih awal pada hari itu; jika tidak, latihan Anda mungkin membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. “Saat kita berolahraga, kita melepaskan zat kimia seperti kortisol yang membantu kita merasa berenergi, tetapi juga membuat kita terjaga,” kata ahli saraf dan pakar tidur Dr Chelsie Rohrscheib. wesper. “Jika Anda sulit tidur, Anda harus membatasi waktu olahraga Anda pada pagi atau sore hari sehingga bahan kimia yang memberi energi ini tidak memengaruhi tidur Anda.”

Nikmati banyak cahaya alami di siang hari…

Untuk merasa lebih berenergi, pergilah ke luar dan paparkan diri Anda pada cahaya alami. “Paparan cahaya alami tidak hanya membantu Anda merasa lebih terjaga dan berenergi, tetapi juga membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda– juga dikenal sebagai ritme sirkadian – dan membantu memulihkan keseimbangan,” kata Osorio. “Jadi mendapatkan cahaya alami sebanyak mungkin di siang hari, terutama di pagi hari setelah Anda bangun, akan membantu Anda merasa lebih baik dan tubuh Anda pulih lebih cepat” – dan memudahkan Anda untuk kembali ke jadwal tidur Anda yang biasa.

…dan hindari cahaya buatan di malam hari

Menyerap banyak cahaya alami di siang hari sangat bagus. Tetapi di malam hari, Anda ingin memberi sinyal ke otak Anda bahwa waktu tidur sudah dekat, yang berarti menghindari cahaya yang tidak wajar begitu matahari terbenam.

READ ALSO :   Cara Penulisan Surat Lamaran Yang Benar Dalam Bahasa Indonesia!

Atau, lebih khusus, cahaya dari layar Anda (pikirkan ponsel, komputer, dan TV). Layar cahaya biru yang dipancarkan dapat meniru sinar matahari, yang dapat buang ritme sirkadian Andayang membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

“Tampilan sangat bermasalah karena memancarkan cahaya biru, yang mirip dengan sinar matahari,” kata Rohrscheib. “Itu bisa menipu otak Anda untuk percaya bahwa ini masih pagi dan belum waktunya tidur.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *