3 peregangan terbaik untuk melepaskan otot psoas dan mencegah sakit punggung

Posted on

Jauh di dalam panggul, melilit tulang belakang lumbar adalah otot psoas yang sangat penting untuk setiap gerakan.

Ini bukan otot yang terlihat yang memberi tubuh Anda six-pack yang ditentukan, tetapi itu adalah salah satu yang tidak dapat Anda abaikan saat membangun tubuh yang lebih kuat dan fungsional.

Otot psoas bertanggung jawab untuk melenturkan pinggul dan mengangkat paha. Sangat penting untuk berjalan, berlari, dan menaiki tangga.

Ketika otot ini menjadi kaku dan kencang karena duduk dan menonton acara Netflix, Anda akan merasa pegal dan berkarat. Selain itu, otot psoas yang lemah dapat menyebabkan tulang belakang tidak stabil dan menyebabkan nyeri pinggul dan punggung bawah.

Ini jelas merupakan salah satu otot paling kritis yang tidak dibicarakan siapa pun.

Mengabaikan peregangan otot dalam ini dapat menyebabkan lebih banyak jatuh, cedera, dan ketidakstabilan.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah meregangkan otot psoas dan menjaga tulang belakang dan pinggul Anda tetap sehat dan berfungsi.

Berikut adalah 3 latihan yang dapat Anda lakukan setiap hari di rumah untuk meregangkan psoas Anda dan mencegah sakit punggung.

1. ular kobra

Kobra
  • Berbaring telungkup di atas matras. Letakkan tangan Anda di bawah dada, kira-kira selebar bahu.
  • Tekan di antara kedua tangan Anda untuk mengangkat dada dan batang tubuh Anda dan rentangkan punggung Anda. Hindari meregangkan punggung Anda secara berlebihan. Pertahankan lekukan alami di punggung bawah Anda.
  • Peras glutes Anda dan rasakan peregangan di panggul Anda.

2. Peregangan Pinggul Berlutut

Peregangan Pinggul Berlutut
  • Berlututlah di kedua lutut dan bawa kaki kanan ke depan Anda dengan kontrol. Jaga agar kaki kanan tetap rata di lantai dan seimbangkan tubuh dengan kaki depan dan lutut kiri.
  • Pertahankan tubuh bagian atas dan punggung tetap netral, dorong pinggul ke depan dengan kontrol hingga Anda merasakan peregangan di paha dan pinggul kiri.
  • Tahan peregangan selama 10 detik dan perlahan kembali ke posisi awal. Ulangi beberapa kali dan ganti sisi.
READ ALSO :   8 Peregangan Terbaik untuk Meringankan Pinggul dan Paha Belakang yang Kencang

3. Jembatan Bokong

Jembatan pantat
  • Berbaring telungkup di matras yoga dengan lutut ditekuk dan kaki rata di matras. Sesuaikan kaki Anda sehingga selebar bahu.
  • Dengan tangan Anda beristirahat di sisi tubuh Anda dan glutes bergerak, dorong pinggul Anda ke dalam sampai sejajar dengan bahu dan pinggul Anda.
  • Rasakan peregangan di paha, glutes, dan pinggul Anda. Setelah menahan selama beberapa detik di atas, perlahan kembali ke posisi awal dan ulangi beberapa kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *