Bagaimana mengidentifikasi gaya motivasi Anda dan menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda?

Posted on

Orang-orang dimotivasi oleh hal-hal yang berbeda dan dengan cara yang berbeda; apa yang memotivasi Anda mungkin tidak berpengaruh pada pasangan, teman atau kolega Anda, dan sebaliknya. Jadi, jika Anda ingin memanfaatkan motivasi untuk menyelesaikan sesuatu (termasuk menjadi orang yang lebih sehat!), Anda memerlukan apa yang secara khusus memotivasi Anda dan bagaimana Anda termotivasi secara khusus.

Tapi bagaimana tepatnya Anda melakukan ini? Mari kita lihat bagaimana mengidentifikasi gaya motivasi pribadi Anda dan bagaimana menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda:

Apa saja gaya motivasi yang berbeda?

Seperti disebutkan, ada berbagai gaya motivasi, termasuk:

Motivasi ekstrinsik.Motivasi ekstrinsik datang dari luar kita,” kata psikolog olahraga dan kinerja itu Dr. Haley Perlus. Ini berarti bahwa faktor eksternal, seperti tekanan eksternal atau keinginan untuk pengakuan, pujian atau penerimaan, akan memotivasi Anda untuk bertindak. Misalnya, jika Anda mencoba memulai rutinitas lari baru, Anda mungkin termotivasi untuk bergabung dengan grup lari; mengetahui bahwa teman lari baru Anda sedang menunggu Anda untuk berlari dapat membantu memotivasi Anda untuk mengikat tali sepatu dan menabrak trotoar.

Motivasi intrinsik. Di samping itu, “motivasi intrinsik Itu ketika Anda dimotivasi oleh sumber internal,” kata Perlus. Artinya, Anda menginspirasi diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu – misalnya, Anda termotivasi oleh hal-hal yang membuat Anda bahagia, membuat Anda merasa senang, Anda menyukai tantangan, atau hal-hal itu cocok dengan nilai-nilai pribadi Anda.

Jadi, jika Anda memiliki gaya intrinsik dan mencoba membiasakan diri berlari, Anda mungkin termotivasi oleh seberapa baik perasaan Anda setelah lari pagi. Mengetahui seberapa baik perasaan Anda sudah cukup untuk bangun dan berjalan ketika alarm Anda berbunyi.

Motivasi introjeksi. Motivasi introjeksi mirip dengan motivasi intrinsik karena berasal dari dalam diri Anda, tetapi itu adalah jenis motivasi yang berbeda. “Motivasi yang diintrojeksi datang dari dalam, tetapi alih-alih melakukan tugas dengan kesenangan atau hasrat, itu dengan tekanan untuk tampil,” kata Perlus.

Ini berarti Anda lebih mungkin dimotivasi oleh tekanan internal untuk mencapai tujuan Anda, serta keinginan untuk menghindari rasa bersalah yang akan Anda rasakan jika Anda tidak mencapainya. Anda mungkin telah menetapkan tujuan untuk menyelesaikan 10K pada akhir tahun – dan gagasan untuk tidak mencapai tujuan itu (dan seberapa buruk perasaan Anda jika tidak mencapainya) adalah yang paling mungkin terjadi. memotivasi Anda untuk tetap berpegang pada jadwal lari yang teratur.

READ ALSO :   Resep Sehat: Paella Sayuran Panggang Buatan Sendiri yang Mudah

Motivasi diidentifikasi. Gaya motivasi lain yang perlu diperhatikan adalah motivasi yang teridentifikasi, dan ini sedikit berbeda dari yang lain. “Motivasi diidentifikasi diaktifkan ketika seseorang mengetahui bahwa sesuatu perlu dilakukan, tetapi belum memutuskan untuk melakukan apa pun,” kata Perlus. “Bentuk … motivasi yang kuat ini dapat mempersiapkan orang tersebut untuk bertindak.”

Ini berarti Anda mungkin telah setuju untuk mulai berlari, tetapi Anda belum siap untuk mengikat tali sepatu Anda dan pergi. Sebaliknya, Anda memanfaatkan motivasi Anda untuk membuat rencana untuk menjadi pelari reguler. Anda dapat mencoba meneliti rute lari yang potensial, menemukan sepatu lari yang tepat untuk kaki Anda, atau melihat cedera lari yang umum terjadi dan cara menghindarinya.

Bagaimana mengidentifikasi gaya motivasi Anda…

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengidentifikasi gaya motivasi pribadi Anda, “hal pertama yang harus dilakukan adalah memikirkan situasi tersulit yang pernah Anda alami,” kata Perlus.

Setelah Anda mengidentifikasi tantangan yang Anda hadapi (dan atasi), Perlus menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan spesifik tentang bagaimana Anda berhasil menghadapi tantangan itu, termasuk:

  • Bagaimana situasi itu membuat Anda merasa?
  • Apa yang mengarahkan Anda pada bagaimana Anda akan mengelola dan menyelesaikan konflik?
  • Bagaimana Anda mengatasi konflik Anda?

Setelah Anda merenungkan bagaimana Anda mengatasi tantangan besar, inilah saatnya untuk mengubah persneling dan mulai memikirkan pencapaian Anda. “Pikirkan beberapa pencapaian Anda yang paling signifikan,” kata Perlus.

Sekali lagi, Perlus menyarankan untuk menggali “bagaimana” di balik pencapaian Anda, antara lain:

  • Bagaimana Anda bisa mencapai ini?
  • Bagaimana Anda dapat mencapai tujuan yang ditetapkan ini?
  • Apa yang memotivasi Anda untuk mencapai tujuan seperti itu?

Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang memotivasi Anda untuk mengatasi situasi sulit dan mencapai tujuan Anda. “Anda kemudian dapat menggunakan pengetahuan ini untuk memotivasi diri Anda di masa depan sambil menilai gaya motivasi tertentu yang tepat untuk Anda,” kata Perlus.

READ ALSO :   Cara Menghilangkan Kemiringan Panggul Anterior Sebelum Menyelaraskan Seluruh Tubuh Anda

…dan menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda

Anda tahu berbagai gaya motivasi. Anda tahu bagaimana menentukan apa yang memotivasi Anda dan bagaimana Anda secara khusus termotivasi, baik untuk mengatasi tantangan maupun untuk mencapai tujuan Anda.

Jadi bagaimana Anda menggunakan informasi ini untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda?

Jika Anda memiliki gaya motivasi ekstrinsik, cobalah mendatangkan pasangan yang bertanggung jawab. Mengetahui bahwa ada orang lain yang berinvestasi dalam kesehatan dan kebugaran Anda – dan memeriksa kemajuan Anda – dapat memberi Anda dorongan motivasi yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran Anda.

Misalnya, Anda dapat melakukan check-in mingguan dengan mitra pertanggungjawaban Anda untuk membicarakan tentang bagaimana Anda membuat kemajuan menuju sasaran kesehatan dan kebugaran Anda minggu sebelumnya dan sasaran apa yang sedang Anda upayakan untuk minggu berikutnya. . Atau, Anda dapat merencanakan untuk bertemu pasangan untuk berolahraga atau aktivitas sehat lainnya.

Jika Anda memiliki gaya motivasi intrinsik, buatlah daftar praktik kesehatan dan kebugaran yang membuat Anda paling bahagia. Cobalah membuat daftar praktik kesehatan dan kebugaran yang membuat Anda merasa lebih sehat dan bahagia, serta manfaat yang Anda dapatkan dari praktik tersebut.

Anda mungkin menyukai dorongan endorfin yang Anda rasakan setelah bersepeda yang berat, zen yang Anda rasakan setelah kelas yoga, atau kekuatan dalam tubuh Anda saat Anda memasukkan berbagai buah dan sayuran ke dalam makanan Anda.

Meluangkan waktu untuk menuliskan daftar ini akan mengingatkan Anda tentang semua manfaat yang Anda dapatkan dari rutinitas kesehatan dan kebugaran Anda – dan mengetahui seberapa baik perasaan Anda akan memberi Anda motivasi yang Anda butuhkan untuk tetap melakukannya.

Jika Anda memiliki gaya motivasi introjeksi, buatlah daftar semua efek kesehatan negatif yang ingin Anda hindari. Anda mungkin ingin membuat daftar yang berbeda—salah satu efek kesehatan negatif yang ingin Anda hindari.

Misalnya, daftar Anda mungkin mencakup hal-hal seperti “Jika saya tidak melakukan peregangan setiap hari, saya akan mengurangi mobilitas dan meningkatkan rasa sakit” atau “Jika saya tidak berlari tiga kali seminggu, saya tidak akan siap untuk setengahnya. maraton saya mendaftar dan saya akan merasa buruk karena tidak mencapai tujuan yang saya tetapkan untuk diri saya sendiri.

READ ALSO :   Lihat bagaimana pengendara sepeda dan fotografer Roman Siromakha menggunakan Fitbit-nya untuk meningkatkan kebugaran dan kreativitasnya

Berfokus pada hal negatif mungkin tidak terdengar menyenangkan, tetapi jika Anda memiliki gaya motivasi yang terintrojeksi, ingatlah bagaimana rasanya jika Anda pakai’Gagal mencapai tujuan kesehatan Anda atau tetap pada rutinitas kesehatan dan kebugaran Anda mungkin menjadi dorongan yang Anda butuhkan untuk mengambil tindakan yang konsisten.

Jika Anda memiliki gaya motivasi yang teridentifikasi, mulailah mengerjakan rencana kesehatan dan kebugaran. Mulailah meneliti aktivitas kesehatan dan kebugaran apa yang mungkin bermanfaat bagi Anda. Apakah Anda ingin memulai rutinitas latihan kekuatan reguler atau apakah latihan untuk triathlon terdengar seperti tantangan yang lebih baik? Apakah Anda ingin mulai belajar cara memasak pilihan makanan yang lebih sehat untuk Anda dan keluarga, atau apakah menyewa ahli gizi atau perencana makanan terdengar lebih mudah?

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa perubahan yang ingin Anda lakukan pada rutinitas kesehatan dan kebugaran Anda, mulailah meneliti bagaimana Anda dapat membuat perubahan itu menjadi kenyataan. Begitu rencana Anda mulai terbentuk, Anda akan menemukan motivasi untuk bergerak dari mengenali apa yang perlu diubah untuk benar-benar siap melakukan perubahan itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *