10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Posted on

Seperti yang telah dibahas sebelumnya,  Skill yang harus dimiliki jika ingin mandiri adalah mampu mengelola keuangan dengan baik. Apalagi saat ini banyak pakar keuangan telah memperingatkan bahwa Indonesia akan mengalami resesi.

Jadi, bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan gaji besar atau gaji kecil, Anda harus mulai sadar mengatur keuangan dengan baik, agar memiliki keuangan yang cukup.

Nah, itu benar! Kali ini kita akan membahas bagaimana mengatur keuangan dengan baik. Jadi dengarkan!

Berikut cara mengatur keuangan agar tidak boros

Bagi Anda yang tidak ingin boros, maka Anda harus mengatur keuangan Anda seperti itu!

1. Simpan semua entri

Bagaimana mengelola keuangan

Simpan semua entri

Cara mengatur keuangan agar tidak boros adalah dengan cara yang pertama menyimpan semua entri. Untuk dapat mengatur keuangan Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui berapa banyak yang Anda miliki.

Dengan demikian, Anda mencatat penghasilan gaji Anda, termasuk ketika Anda menerima uang tambahan dari orang tua, kerabat, atau ketika Anda bekerja sebagai pekerja lepas dengan benar dan sesuai dengan uang yang masuk.

2. Catat semua pengeluaran

Bagaimana mengelola keuangan

Catat semua pengeluaran

Cara mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah dengan mencatat semua pengeluaran. Jadi, jika Anda mencatat uang masuk, Anda harus mencatat pengeluaran yang diperlukan untuk membeli sesuatu.

Anda perlu menghemat pengeluaran sekecil apa pun, termasuk jika berbelanja online di aplikasi toko online, atau saat berbelanja offline di warung, mall, kafe, dll.

3. Tetapkan tujuan keuangan

Bagaimana mengelola keuangan

Tetapkan tujuan keuangan

Cara mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah dengan menetapkan tujuan keuangan. Jika Anda ingin mengelola keuangan sedemikian rupa sehingga Anda memiliki keuangan yang baik, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan Anda untuk meningkatkan keuangan Anda.

READ ALSO :   Dua Antibiotik Paling Ampuh yang Bahkan Dokter Tidak Bisa Jelaskan

Misalnya, Anda ingin pensiun dini, maka Anda perlu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Di mana Anda perlu mendapatkan uang tambahan, Anda dapat bekerja lepas atau mencoba menawarkan beberapa ide penjualan online.

4. Rencanakan anggaran

Bagaimana mengelola keuangan

Rencanakan anggaran

Cara mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah merencanakan anggaran. Setelah menetapkan tujuan keuangan, mencatat pendapatan dan pengeluaran Anda, kini Anda perlu merencanakan anggaran.

Misalnya, ada kebutuhan pokok atau primer yang harus dipenuhi, seperti membayar pensiun, membeli makanan sehat, zakat, dll. Setelah itu, rencanakan kebutuhan lainnya seperti hiburan untuk bermain, jalan-jalan, dll.

5. Hindari utang

Bagaimana mengelola keuangan

Hindari utang

Cara mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah dengan menghindari utang. Ya seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali aplikasi pinjaman online yang pencairannya sangat cepat bahkan ada yang tidak membutuhkan agunan.

Namun perlu diingat bahwa pinjaman online ini akan membuat keuangan Anda tidak lancar. Karena Anda harus membayarnya setiap bulan dengan bunga. Akan lebih baik jika Anda menyimpan jika ada sesuatu yang Anda inginkan.

Apalagi saat ini Anda harus waspada karena banyak sekali pinjaman ilegal dimana Anda bisa mendapatkan bunga yang tinggi jika meminjam di tempat ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri pinjaman ilegal dan legal.

6. Mulailah berinvestasi

Bagaimana mengelola keuangan

Mulailah berinvestasi

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah mmulai berinvestasi. Sangat menarik sekarang karena kita mulai menyadari bahwa investasi ini sangat bagus untuk meningkatkan keuangan kita. Namun dengan catatan Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian investasi.

Karena sekarang ada banyak jenis investasi yang menguntungkan. Namun, Anda juga harus menyadari risiko yang terlibat saat berinvestasi. Jika sudah tahu, Anda bisa mulai dengan aplikasi investasi online.

READ ALSO :   Kumpulan kata kata motivasi untuk bisnis online

7. Siapkan dana darurat

Bagaimana mengelola keuangan

Siapkan dana darurat

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah menyiapkan dana darurat. Jika Anda ingin memiliki keuangan yang baik, maka dana darurat adalah salah satu dana penting yang perlu Anda kumpulkan. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Misalkan Anda tiba-tiba dipecat oleh perusahaan, maka dana darurat ini bisa menjadi tabungan Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup. Itu sebabnya untuk menyiapkan dana darurat ini, Anda disarankan untuk memulai investasi jangka panjang.

8. Buat akun lain

Bagaimana mengelola keuangan

Buat akun yang berbeda

Cara mengelola keuangan yang baik selanjutnya adalah buat akun lain. Cara ini sangat efektif bagi Anda yang ingin mulai mengatur keuangan, karena setelah merencanakan anggaran, Anda harus memisahkan dana.

Jadi, biar nggak bingung, kamu bisa kok membuat akun yang berbeda. Apalagi saat ini sudah banyak bank digital terbaik di Indonesia yang bisa Anda daftarkan secara online tanpa harus ke kantor. Jadi Anda dapat memasukkan uang yang telah Anda pisahkan ke dalam bank digital Anda.

9. Rencanakan daftar asuransi

Bagaimana mengelola keuangan

Rencanakan daftar asuransi

Cara mengelola keuangan yang baik selanjutnya adalah rencanakan daftar asuransi. Ini juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Anda bisa sakit parah atau mengalami kecelakaan.

Perawatan kesehatan tentunya tidak murah, sehingga Anda membutuhkan asuransi. Oleh karena itu, Anda perlu menyisihkan uang untuk pembayaran asuransi. Apalagi saat ini banyak sekali asuransi yang bisa dibayar melalui aplikasi belanja online seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya.

10. Gunakan aplikasi pencatat

Bagaimana mengelola keuangan

Gunakan aplikasi pencatat

Cara terakhir yang baik untuk mengelola keuangan Anda adalah dengan menggunakan aplikasi pencatat. Untuk memudahkan Anda mengatur keuangan dan semua poin di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi check-in.

READ ALSO :   Cara Menghilangkan Kemiringan Panggul Anterior Sebelum Menyelaraskan Seluruh Tubuh Anda

Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi regulasi keuangan terbaik yang bisa kamu download. Bahkan aplikasi dapat memberi tahu Anda jika Anda telah melampaui batas penggunaan uang. Sehingga Anda bisa lebih konsisten dalam mengatur keuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *