8 Cara Mengar Keuangan Pribadi Secara Optimal

Posted on

Seperti yang Anda ketahui, untuk bertahan di era krisis saat ini, Anda perlu memiliki soft skill, seperti kemandirian atau kepribadian. Sekarang, Skill yang harus dimiliki jika ingin mandiri adalah mampu mengelola keuangan dengan baik.

Apalagi kini banyak beredar rumor dari pakar keuangan untuk memperingatkan jika terjadi resesi tahun depan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menabung dan memperoleh dana tambahan lainnya.

Karena meski memiliki pekerjaan dengan gaji besar, Anda juga harus sadar memiliki keuangan yang baik. Jadi jika hal terburuk terjadi di masa depan, Anda memiliki cadangan finansial. Apalagi jika Anda adalah tulang punggung keluarga.

Nah, itu benar! Kali ini kita akan membahas bagaimana mengatur keuangan pribadi dengan baik. Jadi dengarkan!

Bagaimana Mengatur Keuangan Pribadi

Inilah cara mengelola keuangan pribadi Anda dengan benar

Bagi Anda yang ingin memperbaiki keuangan pribadi dengan baik. Kamu bisa banget mengikuti cara-cara berikut untuk mengatur keuangan pribadimu!

1. Buat rencana keuangan

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Buat rencana keuangan

Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama adalah membuat rencana keuangan. Untuk mengatur keuangan Anda, Anda diharuskan untuk merencanakan pembagiannya terlebih dahulu, mulai dari pemasukan dan pengeluaran.

Selain itu, catat juga pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk keperluan apa. Dengan cara ini Anda dapat memantau keuangan Anda dengan baik.

2. Pisahkan kebutuhan dan keinginan

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Memisahkan kebutuhan dan keinginan

Cara mengatur keuangan pribadi dengan baik selanjutnya adalah dengan memisahkan kebutuhan dan keinginan. Artinya, Anda harus memisahkan pengeluaran yang wajib dikeluarkan.

Contohnya termasuk makanan, transportasi jika Anda menggunakan aplikasi moto taxi online, dll. Di mana Anda perlu menghabiskan pengeluaran ini setiap bulan.

Selain itu, pisahkan juga keinginan belanja, seperti keinginan membeli sepatu, smartphone baru terbaik, baju, gadget, dll. Jadi Anda bisa menunda pengeluaran keinginan itu dengan menabung terlebih dahulu.

READ ALSO :   Latihan 3 gerakan ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membakar lemak dengan cepat.

3. Terapkan metode aturan 50 20 30

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Terapkan metode aturan 50 20 30

Cara mengatur keuangan pribadi dengan baik selanjutnya adalah dengan menerapkan metode aturan 50 20 30. Artinya persentase pembagian keuangan Anda sebesar 50% untuk kebutuhan pribadi, kemudian 20% untuk tabungan Anda dan 30% untuk pengeluaran keinginan.

Jadi Anda bisa melakukan pembagian ini saat menerima gaji dan langsung memisahkannya. Misal gaji Anda 5jt, maka 50% untuk kebutuhan pribadi Anda sekitar Rp 2,5jt. Kemudian untuk 20% dari tabungan tersebut sekitar Rp 500.000 dan 30% untuk keinginan sekitar Rp 2 juta.

4. Rekening pribadi dan rekening tabungan terpisah

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Rekening pribadi dan rekening tabungan terpisah

Cara mengelola keuangan pribadi yang optimal selanjutnya adalah dengan Pisahkan rekening pribadi dan tabungan. Cara ini wajib Anda lakukan jika ingin memperbaiki keuangan pribadi. Karena memisahkan rekening pribadi dan tabungan Anda tidak mencampurkan uang Anda.

Apalagi sekarang Anda bisa membuat rekening bank baru secara online tanpa harus ke kantor dengan mendaftar di bank digital terbaik di Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membagikan uang untuk kebutuhan, tabungan, dan keinginan Anda.

5. Siapkan dana darurat

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Siapkan dana darurat

Cara terbaik berikutnya untuk mengatur keuangan pribadi adalah dengan pembentukan dana darurat. Ya, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Nah, dana darurat ini hadir untuk membantu Anda agar tidak bingung saat membutuhkannya.

Misalnya, Anda bisa tiba-tiba dipecat oleh sebuah perusahaan dan tentunya Anda tidak punya penghasilan. Nah, dana darurat ini bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan vital Anda. Itu sebabnya untuk membangun dana darurat, disarankan untuk memulai investasi jangka panjang.

READ ALSO :   8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

6. Investasi dalam studi

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Belajar investasi

Cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya adalah investasi dalam studi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, disarankan untuk mulai berinvestasi dalam jangka panjang karena hal ini dapat membantu Anda menyiapkan dana untuk masa depan.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengedukasi diri sendiri mengenai jenis-jenis investasi yang menguntungkan. Jadi Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang investasi ini di mana saja seperti saluran YouTube untuk mempelajari saham, dll.

7. Gunakan kartu kredit atau PayLater dengan bijak

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Gunakan kartu kredit atau PayLater dengan bijak

Cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya adalah dengan hati-hati saat menggunakan kartu kredit atau PayLater. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak orang yang terlilit utang karena suka menggunakan kartu kredit dan PayLater, sebaiknya hindari hal tersebut.

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda menggunakannya. Namun gunakan dengan bijak dan tidak disarankan untuk Anda terlilit hutang di aplikasi pinjaman online. Karena biasanya bunga yang dikenakan cukup signifikan. Bahkan jika Anda terlambat membayar, Anda akan didenda.

8. Gunakan Aplikasi Peraturan Keuangan

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Bagaimana Mengelola Keuangan Pribadi

Cara terakhir mengelola keuangan pribadi adalah dengan menggunakan aplikasi kontrol keuangan. Jika Anda ingin lebih mudah mengelola keuangan pribadi, maka Anda disarankan menggunakan aplikasi untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran Anda.

Apalagi sekarang sudah banyak tersedia aplikasi regulasi keuangan yang lebih baik. Karena dengan aplikasi ini Anda dapat melihat arus kas Anda dengan jelas. Selain itu, Anda dapat membatasi pengeluaran Anda.

Berikut beberapa cara mengelola keuangan pribadi dengan baik. Gimana guys, mudah kan mengatur keuangan pribadi dengan optimal? Oh iya, kalau ada kritik dan saran, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya guys.

READ ALSO :   Kisah Heroik Jan Žižka Di Eropa

Jangan lupa share artikel cara mengatur keuangan pribadi yang baik ini ke teman-teman kalian, siapa tahu belum tahu cara mengatur keuangan pribadi untuk pemula 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *