Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Tepat Untuk Lulusan Baru

Posted on

Surat lamaran adalah salah satu dokumen wajib yang perlu Anda tulis sebelum mencari / melamar pekerjaan, terutama bagi Anda yang masih baru lulus kuliah. Memang, dokumen tersebut bisa menjadi pengantar yang menentukan diterima atau tidaknya lamaran seorang pencari kerja yang akan dipertimbangkan lebih lanjut oleh perusahaan tujuan.

Nah, setelah menyelesaikan studinya, para lulusan baru tentunya akan mulai mencari tujuan baru yaitu mencari pekerjaan, apalagi saat ini banyak orang yang sudah PHK mulai mencari pekerjaan lagi, baik online maupun offline.

Oleh karena itu, Anda memerlukan informasi yang jelas tentang cara menulis surat pengantar yang benar dan tepat untuk lulusan baru. Nah pada kesempatan kali ini TipsPintar telah merangkum beberapa informasi terkait panduan lengkap membuat cover letter fresh graduate yang bisa kamu coba.

Kira-kira bagaimana ya cara menulis surat lamaran yang baru lulus ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa itu surat pengantar?

Apa itu surat pengantar

Apa itu surat pengantar

Surat pengantar adalah surat lamaran kerja atau deskripsi singkat tentang profil Anda sebagai pencari kerja. Surat ini sering digunakan sebagai sampul atau pengantar materi lamaran lainnya, seperti resume dan portofolio.

Kalimat-kalimat yang disusun dalam surat lamaran harus benar-benar singkat, namun juga efektif dan menarik agar perusahaan tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang lamaran Anda.

Surat pengantar juga harus melengkapi CV dan tidak mengulang informasi yang dikandungnya. Jadi surat lamaran ini harus menginterpretasikan konten resume yang merupakan data detail menjadi sesuatu yang menyentuh daya tarik pribadi.

Ciri-ciri surat pengantar

Ciri-ciri surat pengantar

Ciri-ciri surat pengantar

Bagi Anda yang masih bingung membedakan surat lamaran dan CV, berikut ciri-ciri surat lamaran yang bisa Anda baca dan pahami:

1. Isi surat pengantar

Ciri pertama dari surat pengantar adalah isinya. Ya, surat lamaran itu sendiri terdiri dari rangkaian kalimat pendek yang berisi tentang latar belakang pribadi, pendidikan, keahlian, pengalaman, prestasi dan informasi lain yang dapat menunjukkan kualitas seorang kandidat terhadap suatu pekerjaan. Surat lamaran itu sendiri tidak harus panjang, tetapi harus pendek, padat, dan tidak lebih dari satu halaman, jadi hanya sekitar 3-5 paragraf.

READ ALSO :   10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

2. Kerangka surat pengantar

Fitur selanjutnya adalah kerangka surat pengantar itu sendiri. Nah, biasanya surat lamaran dimulai dengan kalimat pembuka kemudian dilanjutkan dengan sederet alasan kenapa surat lamaran itu ditulis.

Selanjutnya, Anda masuk ke bagian pengenalan diri secara singkat, beserta penjelasan tentang pendidikan dan keterampilan pencari kerja. Ingatlah bahwa pada surat lamaran Anda juga harus menulis alasan mengapa Anda layak diterima di perusahaan yang Anda tuju dan kemudian melanjutkan dengan sampul.

3. Ciri-ciri kalimat

Frasa yang diatur dalam surat lamaran bersifat eksklusif dan menggambarkan status dan kualitas calon pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk mengetahui cara menulis surat pengantar yang ideal dan efektif untuk lulusan baru.

Dengan mengetahui ciri-cirinya, Anda tentu bisa menjabarkan fungsi utama surat pengantar. Singkatnya, fungsi surat pengantar adalah pengenalan pertama kandidat pekerjaan yang menjelaskan kualitas dan kinerja mereka sendiri.

Selain itu, surat pengantar juga memberikan sesuatu yang lebih dari aplikasi Anda. Perekrut akan lebih mudah mengenal Anda, kepribadian Anda, apa yang Anda inginkan dan mengapa Anda melamar pekerjaan itu.

Kapan mengirim surat lamaran?

Kapan menggunakan surat pengantar

Kapan menggunakan surat pengantar

Kira-kira, apakah kita harus mengirimkan surat lamaran untuk setiap lamaran kerja yang kita buat?

Jawabannya iya.

Mengapa? Sebab, dalam kasus-kasus berikut ini, melampirkan surat lamaran bisa memberikan nilai tambah bagi Anda di mata HRD, misalnya:

1. Hanya perlu satu posting

Biasanya, perusahaan memberikan informasi tentang jumlah karyawan yang mereka butuhkan untuk posisi tertentu pada lowongan yang mereka buka. Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda dalam mendapatkan posisi tersebut, siapkan surat lamaran dan kirimkan bersama lamaran Anda.

2. Jika perekrut membutuhkannya selama wawancara

Memang jarang, tapi tidak ada salahnya menulis surat lamaran. Ketika perekrut mengundang Anda untuk wawancara, dia pasti akan meminta CV Anda, jadi masukkan surat lamaran yang bisa dibaca manajer / HRD nanti, sehingga dia tertarik melihat dokumen lainnya.

READ ALSO :   8+ Tips Menjual Kata Online di Facebook

3. Jika mendapat rekomendasi dari seseorang

Terakhir, lampirkan surat lamaran jika Anda menerima rekomendasi dari seseorang yang Anda kenal di perusahaan tersebut. Dengan demikian, lamaran Anda tidak akan diabaikan oleh HRD.

Cara menulis surat pengantar

Cara menulis surat pengantar

Cara menulis surat pengantar

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran, penting untuk melakukan riset. Penelitian ini dapat membantu Anda menulis surat pengantar yang baik. Jadi, untuk menulis surat lamaran yang baik, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:

  • Orang yang akan membaca surat lamaran Anda

  • Organisasi dan budaya perusahaan

  • Industri atau lini bisnis perusahaan

  • Pesaing perusahaan

  • berita perusahaan

Selanjutnya, lengkapi surat lamaran dengan yang berikut ini:

1. Presentasi diri

Jelaskan mengapa Anda menulis surat lamaran ini. Mulailah dengan menunjukkan posisi yang akan Anda lamar, di sinilah Anda akan melihat tawaran pekerjaan yang diiklankan.

2. Pengalaman dan keterampilan profesional

Jelaskan pengalaman kerja yang mirip dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan juga keahlian Anda yang sesuai dengan persyaratan spesifik dari deskripsi pekerjaan. Ringkas keterampilan lain yang akan melengkapi pekerjaan yang Anda lamar. Agar lebih meyakinkan, jelaskan bagaimana keahlian Anda bisa bermanfaat bagi perusahaan.

3. Mengapa perusahaan harus mempekerjakan Anda?

Setelah itu, agar HRD lebih percaya diri dalam merekrut Anda, jelaskan berikut ini:

  • Mengapa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut
  • Apa yang membuat Anda tertarik dengan jenis pekerjaan ini?
  • Mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut
  • Apa yang dapat Anda berikan kepada organisasi

Saran kecil, Anda dapat membagikan pengetahuan Anda tentang perusahaan untuk menunjukkan minat Anda bekerja di sana.

4. Cakupan

Setelah mengungkapkan minat Anda, tutup surat lamaran dengan sopan. Anda dapat menegaskan kembali minat Anda pada posisi tersebut dan menunjukkan keinginan Anda untuk kesempatan wawancara.

Contoh surat lamaran kerja yang tepat untuk lulusan baru

Contoh

Contoh

Setelah mengetahui aspek-aspek apa saja yang harus ada di dalam sebuah cover letter, berikut adalah contoh cover letter untuk lulusan baru yang cocok untuk Anda jadikan referensi untuk membuat sendiri agar lamaran Anda lebih menarik.

READ ALSO :   Kode Rahasia Netflix Ini Akan Membuka Kategori Baru Untuk Anda

(Alamat Anda (tanggal)(Nama Penerima)

(Pekerjaan)

(Alamat)

Yang terhormat (judul dan nama)

Saya menulis surat ini untuk memberi tahu Anda tentang minat saya pada posisi asisten perekrutan di perusahaan Anda.

Saya baru saja lulus dengan gelar Sarjana Administrasi Bisnis, jurusan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas XYZ, saya berharap dapat meneruskan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya kepada perusahaan inovatif Anda.

Sebagai mahasiswa administrasi bisnis dengan peminatan manajemen sumber daya manusia, saya memperoleh pengetahuan penting terkait perekrutan tenaga kerja, pengorganisasian pekerja, pelatihan dan kompensasi, kepegawaian serta ketentuan hukum dan hal-hal terkait ketenagakerjaan lainnya.

Pengalaman magang saya di Perusahaan ABC juga membekali saya dengan keterampilan yang cukup untuk bekerja dengan beberapa profesional di industri rekrutmen dan SDM. Selama empat bulan masa magang, saya mempelajari proses kerja di bidang SDM dan kemudian meyakinkan diri sendiri bahwa manajemen SDM adalah panggilan saya.

Saya menyadari beberapa prestasi selama magang, termasuk menjadi manajer proyek untuk kegiatan asosiasi olahraga perusahaan. Saya bekerja dengan pekerja magang lain dan kami berhasil mengadakan kunjungan lapangan untuk 100 karyawan. Kami mencapai peringkat 95% baik hingga sempurna berdasarkan hasil survei yang kami lakukan dengan karyawan tersebut setelah acara selesai.

Untuk rincian lebih lanjut mengenai kualifikasi dan keahlian saya, silakan lihat lampiran surat ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau surat lamaran ini dan saya akan senang mendengar dari Anda.

Salam sejahtera,

(Tanda tangan)

(nama lengkap)

(alamat email dan nomor kontak)

Demikian penjelasan lengkap tentang cara menulis surat lamaran untuk lulusan baru, beserta tips membuatnya.

Semoga semua informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan!

Kalau kamu punya ide untuk pembahasan menarik lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga ingin melamar pekerjaan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *